Dinperindagkop Kembangkan Kerajinan Rajutan

PURBALINGGA,  –  Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga, tahun ini bertekad mengembangkan bidang kerajinan khususnya kerajinan rajutan yang mulai bergeliat. Bahkan saat ini sedang dirintis adanya Kampung Rajutan di desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang.

Untuk mendukung peningkatan ketrampilan dan daya kreasi sumber daya manuaia (SDM), Dinperindagkop mengirim 8 pelaku usaha mengikuti pelatihan di Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka dikirim dalam beberapa gelombang sejak Februari hingga Mei 2015.

“Mereka nantinya akan menjadi instruktur pelatihan di Purbalingga,” ujar Kasi Pembinaan dan Pengembanan UMKM Dinperindagkop Purbalingga, Adi Purwanto, Selasa (24/2).

Adi menambahkan, selain pelatihan pihaknya juga mengirim 15 pelaku usaha rajut untuk magang di PT. MAS Surakarta yang bergerak dalam bidang usaha kerajinan khusus ekspor. Setelah magang, mereka siap menjadi instruktur untuk melatih 150 pelaku usaha lainya.

“Kita terus genjot sektor kerajinan untuk mendampingi kerajinan batu akik yang tengah booming,” katanya.

Dia meyakini, kerajinan rajutan yang didominasi oleh kaum perempuan dan dilakukan di rumah sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat tanpa harus meninggalkan rumah atau keluarga. Sehingga urusan keluarga tidak kapiran.

“Perkembangan dan persaingan di sektor rajutan saat ini sangat ketat dan banyak variasi baru bermuculan sehingga kami harus terus berburu ilmu dan ketrampilan agar tidak kalah bersaing,” pungkasnya. (Hardiyanto).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *