Gesret, Ciwel dan Awug-Awug Juara Lomba Jajanan Pasar 2014

Jajan pasar 2PURBALINGGA,           – Gesret dan Intil milik Bu Rumini, Majapura, kemudian Ciwel Bu Suliyah Bandingan dan Awug-Awug Karmilah menjadi juara Lomba Jajanan Pasar yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi ke 184 Kabupaten Purbalingga. Lomba diselenggarakan oleh Pokja III Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga di tiga tempat berbeda. Yakni Pasar Bobotsari, Jumat (28/11), Pasar Bukateja, Sabtu (29/11) dan Pasar Badog Bancar pada Minggu (30/11).

“Lomba kali ini memang berbeda dengan format sebelumnya. Biasanya lomba diselenggarakan di Pendapa Kabupaten dengan peserta anggota PKK Kecamatan. Namun kali ini pesetanya para pedagang jajanan pasar dan diselenggarakn  langsung di pasar saat mereka berjualan,” jelas Adi Purwanto, salah satu panitia yang juga Kasi Pengembangan dan Pembinaan UMKM Dinperindagkop, Minggu (30/11).

Menurut dia, para pemenang memang diutamakan para pedagang jajanan pasar yang menggunakan bahan olahan non beras. Mereka ini, lanjut Adi, nantinya akan diarahkan untuk mendukung program Sehari Tanpa Nasi, yang pernah diwacanakan Bupati Sukento Rido Marhaendrianto.

Ketua TP PKK Purbalingga Erna Sukento menuturkan, di wilayah kabupaten Purbalingga terdapat banyak potensi jajanan pasar yang masih digemari masyarakat. Sayangnya, masih banyak ditemui jajanan pasar yang dijual terbuka tanpa menggunakan kemasan, sehingga rentan terhadap penularan penyakit. Padahal dari segi rasa sangat enak, dan layak dijadikan makanan resmi tamu-tamu yang dating ke Purbalingga.

“Melalui lomba ini kami lebih banyak menekankan pada pembinaan kepada para pedagang jajanan pasar mengenai pentingnya kesehatan dan tampilan makanan. Kemasanya jangan asal-asalan, apalagi hanya menggunakan plastic dan distreples,” katanya.

Secara lengkap, hasil lomnba seri 1 di Pasar Bobotsari yakni juara 1 Gesret dan Intil Bu Rumini, Majapura, juara 2 Jander Jagung Bu Ngudiah, Pekuncen dan juara 3 Caranggesing Pak Daljono, Majapura. Kemudian harapan 1 Martabak Jagung Bu Noni Gandasuli, harapan 2 Cenil Bu Timah Karangnangka dan harapan 3 Getuk Kaca Bu Rahayu Mrebet.

Hasil lomba seri 2 di Pasar Bukateja, juara 1 Ciwel Bu Suliyah Bandingann juara 2 Ondol Bu Narsem Lamuk dan juara 3 Pipis Alfiatun Bukateja. Sedangkan harapan 1 Kue Talam Kasiah Bukateja, harapan 2 Jander Jagung Mainah Kutawis dan harapan 3 Jongkong Muryati Wirasaba.

Terakhir, lomb SERI 3 DI Pasar Badog Bancar, juara 1 Awug-Awug Karmilah, juara 2 Combro dan Ondol Jumiah, dan juara 3 Gethuk Tales Manisah. Untuk harapan 1 Krekel Karti, harapan 2 Lemet Simar dan harapan 3 Jiwel Sutini. (Hardiyanto)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *