• Uncategorized
  • 0

2015, Bupati Ingin Wujudkan Purbalingga Emas.

DSC_0135PURBALINGGA, Tagline  Menuju Purbalingga Emas yang dicanangkan Bupati Sukento Rido Marhandrianto saat awal menjabat Bupati Purbalingga awal 2014 ini, sudah harus berganti dengan tagline yang baru yakni Mewujudkan Purbalingga Emas (Ekonomi maju, Manajemen baik, kondisi masyarakat yang aman dan Sejahtera-red).

“Tahun baru 2015 saya ingin menjadikanya sebagai tahun lanjutan untuk mengembangkan UMKM menjadi lebih maju,” ujar Bupati Sukento Rido Marhaendrianto saat membuka Motivasi Bisnis bagi pelaku UMKM dan anggota Dharma Wanita, di Operation Room Graha Adiguna,Rabu (31/12).

Motivasi bisnis disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Hj Ning Sudjito yang menyampaikan thema Gerakan Kebangkitan  Ekonomi (Gerbang Ekonomi) Purbalingga. Kedatangan bos jasaboga asal desa Limbasari Kecamatan Bobotsari ini untuk menularkan keberhasilannya kepada pelaku UMKM Purbalingga.

Diakui  Bupati, gerakan menuju Purbalingga Emas yang dijalankan selama 2014 dengan menggenjot peran UMKM dalam meningkatkan ekonomi rakyat ternyata cukup optimal. Dalam kurun waktu setahun ini, lanjut Sukento, usaha mikro kecil di Purbalingga terus menggeliat. Hasil produk UMKM Purbalingga sudah dapat dibanggakan karena sudah dikemas dengan menarik bahkan sudah sampai pasar luar negeri.

“Kedatangan Bu Ning adalah untuk memotivasi para UMKM yang masih kecil untuk menjadi besar. Sehingga cita-cita untuk menggerakan ekonomi (Gerbang Ekonomi-red) Purbalingga dapat segera terwujud,” tambahnya.

Panitia kegiatan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkkop) Purbalingga Agus Winarno mengatakan, kegiatan ini sudah direncanakan setahun sebelumnya. Dan kegiatan ini sengaja dilakukan ketika ketua APJI tersebut mudik ke kampung halamannya di desa Limbasari Bobotsari.

Disamping diikuti oleh para pelaku UMKM, pihaknya juga mengundang para ketua dan pengurus TP PKK tingkat kecamatan, Darma Wanita Persatuan (DWP), serta pengurus Gerakan Organisasi Wanita (GOW).

Dalam kesempatan tersebut, pembicara Ning Sudjito memamerkan teknik mengolah makanan tanpa bahan pewarna, cara pembelian bahan olahan langsung kepada petani dan pasar, sampai pada praktek penyajian di table manner.

Ning Sudjito berharap, di Purbalingga akan muncul para pengusaha jasa boga dan pelaku UMKM yang sukses melebihi dirinya. Karena keberhasilan harus diupayakan dan diperjuangkan secara terus menerus, tanpa mengenal putus asa.

Acara ditutup dengan Ngepung Tumpeng bersama Bupati, Ketua TP PKK, Ning Sudjito dan seluruh peserta motivasi. (Hardiyanto)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *