Bupati Jualan di Goentoer Darjono

Sesuai janjinya, Bupati Purbalingga Drs H Sukento Rido Margaendrianto MM benar-benar akan berjualan di Gelar Produk Minggu Pagi di Gelora Goentoer Darjono, Minggu (9/2). Sukento mengaku sudah merencanakan hal ini jauh-jauh hari, sebagai wujud dukungannya kepada para pelaku usaha mikro di Kabupaten Purbalingga.

  “Saya sudah pernah menyatakan ini kepada Dinperindagkop, saya ingin ikut jualan. Jadi nanti pelaku usaha mikro lebih semangat,” jelasnya.
  Sebagaimana diinfokan sebelumnya, tahun ini Sukento sudah mencanangkannya sebagai tahun UMKM. Dia yakin, dengan memaksimalkan UMKM, akan mendukung tercapainya Purbalingga EMAS (ekonomi meningkat, manajemen yang baik, aman dan sejahtera).
  “Usaha mikro ini harus didukung. Mereka punya jiwa wirausaha, bisa buka lapangan kerja. Wonge dhewek. Jadi betul-betul ini harus diperhatikan dan didukung,” katanya.
Tak hanya dalam kegiatan Gelar Produk Minggu Pagi, Sukento juga mengaku akan memperomosikan hasil UMKM Purbalingga dimanapun dia berada. Bupati yang berlatar belakang perbankan ini mengaku sangat antusias membantu pemasaran produk-produk UMKM itu.
  “Warga Purbalingga itu banyak yang terampil, kreatif. Perlu dukungan banyak hal, salah satunya pemasaran. Harapan saya, apa yang saya lakukan, mempromosikan produk Purbalingga,  juga dapat ditiru oleh semua warga Purbalingga dimanapun mereka berada,” ucapnya.
Terpisah, Kasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM Adi Purwanto mengatakan pihaknya dan Paguyuban UMKM memang merasa cukup puas dan termotivasi dengan suksesnya penyelenggaraan Gelar Produk Minggu Pagi, Minggu lalu (2/2). Mereka berharap pada penyelenggaraan kedua dan seterusnya dapat lebih banyak peserta dan pengunjungnya.
  “Bagi UMKM lain yang ingin bergabung masih sangat terbuka. Bisa mendaftar ke Paguyuban UMKM atau saya di Bidang UMKM dan Koperasi di Dinperindagkop,” ujarnya.
  Untuk bisa bergabung, kata Adi, syaratnya sangat mudah. Pertama, harus mendaftar menjadi anggota Paguyuban UMUM yang otomatis berkesempatan menggelar produknya di Gelar Produk Minggu Pagi. Anggota yang akan menggelar dagangannya akan diberi PIN sebagai penanda dengan menyetorkan kontribusi sebesar Rp 5.000.
 “Dengan bergabung dalam Paguyuban UMKM, tentu memudahkan kami dalam upaya pembinaan. Harapannya, UMKM ini akan semakin maju dan mantap usahanya, dan tentu goal terbesarnya ya kesejahteraan masyarakat Purbalingga secara umum,” imbuhnya.
  Syarat kedua, peserta diminta menyediakan banner dan perlengkapan promosi lainnya. Menurut Adi, ke depan, Gelar Produk Minggu Pagi ini memang arahannya lebih pada produk ekonomi kreatif.
“Jadi bukan hanya menggelar dagangannya seperti pasar malam begitu. Produk-produknya harus hasil kreatifitas masyarakat Purbalingga, hasil olahan tangan orang Purbalingga, bukan pabrikan atau pengusaha besar. Karena tujuannya kan meningkatkan ekonomi kerakyatan,” pungkasnya. (cie)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *