• Uncategorized
  • 1

BUPATI DAN IBU AKAN BERJUALAN PRODUK UMKM

Bupati Purbalingga Drs H Sukento Ridlo Marhendriyanto MM akan menggelar lapak untuk berdagang. Kegiatan ini dilakukan bupati bersama istri Erna Sukento dalam event-event tertentu. Kegiatan yang dihadiri banyak warga masyarakat akan dijadikan momen bagi bupati Kento beserta istrinya untuk berdagang layaknya Pedagang Kaki Lima (PKL).
Barang yang dijualpun merupakan produk local, baik makanan atau jajan pasar, sampai pada hasil kerajinan asli warga Purbalingga. Semua dagangannya dijual murah, karena mendapatkan subsidi.
Bupati Kento saat mengunjungi Griya UMKM di jalan Mayjen Sungkono, Senin (13/1) pagi mengungkapkan, keinginan untuk berdagang dan menjadi pelaku usaha layaknya PKL dilakukan untuk turut serta merasakan menjadi seorang pedagang jajanan dan produk local Purbalingga. Disamping itu sebagai upaya untuk memamerkan produk-produk asli Purbalingga yang tidak kalah saing.
Aneka makanan ringan seperti jiwel, lopis, lapis, ondol, mendo, peyek, dan aneka jajan pasar akan dibeli dari pedagang. Termasuk juga produk UMKM selain makanan. Bupati Kento dan ibu hanya akan menjadi penjual saja. Rencananya hasilnya akan dikembalikan untuk penguatan modal pelaku usaha mikro tersebut.
Salah satu produk yang akan dijual dalam kegiatan Bupati Jualan adalah gula rempah produksi kelompok UMKM Lestari Maju desa Adiarsa Kecamatan Kertanegara. Gula rempah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terlebih di musim penghujan ini. Pasalnya gula rempah dibuat dari bahan gula alami, yakni campuran antara nira kelapa organic, jahe merah, kapulaga, akar alang-alang, akar pinang, sereh, pandan dan mrica.

Sementara itu, Kasi Pembinaan dan Pengembangan UKM Dinperindagkop Purbalingga Adi Purwanto menambahkan, gula rempah ini semua berbahan local dan sangat berkasiat untuk menghangatkan badan, menghilangkan kembung, mengurangi rasa sakit ketika haid serta dapat untuk menambah stamina. (umang)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *